Tips Komposisi Foto Ala Steve Mc Curry

Komposisi Foto Ala Steve Mc Curry
Komposisi Foto Ala Steve Mc Curry
Sebagai seorang fotografer profesional, tentu saja Anda harus memahami teknik komposisi foto yang bagus. Bagi para pemula, Anda bisa mengikuti tips komposisi dengan cara mengamati beberapa foto dari karya fotografer legendaris, Steve McCurry. Ada beberapa cara yang bisa Anda dapatkan dari gaya komposisi Steve McCurry. Berikut beberapa tips tersebut.

Rule of Thirds
Anda harus menempatkan bagian yang paling menarik di dalam foto atau biasa disebut POI atau point of interest yang bisa ditemukan dengan garis-garis yang akan membagi foto ke dalam 3 bagian. Anda bisa melihat bagaimana garis-garis tersebut bisa membagi foto dengan sangat baik

Garis Penuntun atau Leading Lines
Anda bisa menggunakan elemen alami yang digunakan sebagai garis penuntun atau leading lines yang berfungsi untuk mengarahkan mata dari penikmat foto. Garis penuntun ini tentu saja bisa menjadi titik point of view agar mata penonton bisa lebih fokus.

Garis Diagonal
Sementara garis diagonal juga bisa membuat foto akan jauh lebih dinamis dengan adanya garis diagonal yang menunjukkan gerakan di dalam foto. Sementara tentang garis diagonal, foto tersebut bisa lebih menawan.

Framing
Untuk teknik framing, Anda bisa memanfaatkan jendela atau pintu dan juga elemen lain yang memberikan frame alami di dalam objek foto.

Separasi
Separasi bisa menjadi salah satu cara komposisi foto yang sangat baik. Dan Steve McCurry biasa menggunakan cara ini. Anda bisa mencari sisi kontras yang terjadi diantara objek foto dan juga backgroundnya. Setelah mendapatkan hal tersebut, Anda bisa mengabadikan foto tersebut.

Penuhi Frame
Salah satu cara komposisi foto yang bagus adalah dengan mendekat kepada objek foto dan penuhi frame dengan objek foot yang Anda inginkan. Tentu saja komposisi foto Anda akan lebih maksimal.

Mata Dominan
Ketika hendak memotret muka dengan mata yang dominan, disarankan untuk meletakkan mata di area tengah foto. Hal ini bisa membuat tampilan lebih hidup.

Simetri

Simetri ternyata bisa menjadikan foto jauh lebih menarik dan sangat menyenangkan ketika dilihat oleh mata.

Tinggalkan Komentar: