Tips Membuat Foto Lebih Tajam

Membuat Foto Lebih Tajam
Membuat Foto Lebih Tajam

Tentu memiliki foto yang lebih tajam dan juga lebih maksimal menjadi impian para fotografer. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang indah dan tajam. Berikut caranya.

Menggunakan Tripod.
Jika Anda memotret, kadangkala kamera akan bergoyang dan bergerak. , pasti susah menghasilkan foto tajam. Jadi beli dan pakailah tripod. Pastikan anda menggunakan tripod yang stabil dan kokoh agar kamera tidak mudah bergoyang.

Cara Memegang Kamera yang baik
Ketika tidak memakai tripod, Anda harus mencoba untuk menggunakan kamera yang baik dan benar agar kamera lebih stabil dan tidak mudah untuk bergoyang.

Menggunakan Kabel Rilis.
Cable release akan memudahkan untuk menekan tombol shutter tanpa membuat kamera bergoyang. Cable release ini bisa menempel langsung ke kamera atau menggunakan bluetooth.

Timer Kamera.
Jika Anda tidak memiliki tripod ? Anda bisa menggunakan timer yang sudah tersedia di dalam kamera. Anda bisa mengaktifkan fitur self timer tersebut.

Mirror Lock Up
Jika Anda menggunakan kamera DSLR, kamera ini sudah dibekali dengan mirror yang bisa digunakan untuk viewfinder. Hampir semua kamera DSLR memiliki fitur guna mengunci cermin agar tidak mudah bergoyang.

Mengaktifkan Stabilizer Lensa
Image stabilization dan juga vibration reduction juga bisa digunakan untuk membuat kamera tidak bergoyang dan juga bisa untuk menambah ketajaman foto. Fitur ini sudah ada di bagian lensa atau di kamera. Anda harus memperhatikan IS/VR yang harus disesuaikan ketika menggunakan tripod.

Menggunakan lensa mahal
Jika ingin tampilan foto yang tajam salah satunya adalah dengan menggunakan lensa terbaik. Lensa terbaik seperti lensa 50 mm sudah cukup untuk membuat foto memiliki gambar yang tajam.

Menggunakan depth of field
Anda bisa menggunakan depth of field dengan memaksimalkan tombol DOF Preview yang ada di kamera untuk memeriksa kualitas foto.

Menggunakan Fokus Ditempat Yang Tepat
Ketika Anda memotret menggunakan model portrait, tentu saja mata harus cukup tajam. Sementara menggunakan mode landscape, tentu saja foreground harus tajam. Anda harus mengetahui titik kritis yang akan dijadikan fokus. Dan pastikan titik fokus harus tajam.


Tinggalkan Komentar: