Mengetahui Back Button Focus di Kamera

 Back Button Focus di Kamera
 Back Button Focus di Kamera
Biasanya para fotografer pemula akan mengunci fokus dengan cara menekan tombol shutter separuh saja. Sebenarnya masih ada salah satu fitur yang sering digunakan oleh para fotografer pro guna mengunci fokus agar lebih bebas. Caranya dengan menggunakan tombol AF-ON. Teknik fokus ini dinamai dengan back button focus yang biasa digunakan dengan cara menekan tombol yang terdapat di belakang dan bukan didepan.

Back button focus merupakan salah satu fitur autotokus yang memanfaatkan tombol yang terdapat di belakang kamera. Dan biasanya tombol AF-ON atau (*) bisa digunakan dengan jempol kanan.

Keuntungan menggunakan fitur autofokus dengan menekan tombol AF-ON ini adalah Anda tidak memerlukan lagi tombol shutter yang ditekan separuh guna mengunci fokus. Cukup dengan menekan tombol AF-ON, maka autofokus sudah mengunci dengan baik dan Anda bisa melakukan komposisi ulang atau recompose ketika obyek dalam keadaan diam. Bisa juga dengan cara melakukan tracking ketika sedang memotret objek bergerak. Anda tinggal menekan tombol shutter tanpa melepas tombol AF-ON.

Back button focus ini tentu saja sangat bermanfaat guna memakai mode autofokus continuous atau tracking objek bergerak ketika Anda hendak melakukan recompose. Ketika memakai mode continuous, Anda bisa membebaskan tombol shutter dari perintah mengunci fokus. Jika ANda ingin memotret dalam keadaan mode continous, Anda bisa memaksimalkan tombol ini.

Ada beberapa skenario yang bisa Anda lakukan. Ketika sedang memotrek anak-anak kecil yang bergerak atau kegiatan olahraga, Anda bisa memaksimalkan waktu tunda dengan menekan shutter separuh dan juga ketika exposure. Cukup menekan AF-ON dengan jempol agar bisa mengunci fokus dan juga mengambil exposure dengan menggunakan jari telunjuk.


Sementara ketika memotret orang dengan pose yang sedikit, Anda bisa memotret dengan sangat cepat tanpa perubahan fokus. Jika kamera bingung memilih fokus, Anda bisa menggunakan fitur back button focus agar bisa mengunci fokus di salah satu objek dengan mudah. Dan tentu saja hasil foto yang didapatkan tidak akan blur dan juga noise.

Tinggalkan Komentar: