Mengenal Mode Exposure di Kamera

Mode Exposure di Kamera
Mode Exposure di Kamera
Di dalam kamera digital baik itu DSLR atau mirrorless tentu saja selalu terdapat roda yang terletak di bagian atas kamera. Di sini Anda bisa melihat beberapa mode seperti Auto, P, S (Tv), yang bisa Anda gunakan. Kode ini adalah singkatan yang harus disesuaikan dengan obyek yang ada di foto.

Mode auto akan ditandai dengan ikon kamera dengan warna hijau dan juga ditandai dengan huruf A. kamear akan langsung menganalisis objek foto dan akan menentukan setelan kamera dengan mudah. Meski cukup mudah, akan tetapi foto tidak akan menghasilkan tampilan maksimal. Kamera sudah akan menentukan ISO, Shutter Speed, Aperture yang sesuai dengan kondisi dan keadaan di sekitar obyek.

Untuk kamera terbaru, biasanya tersedia Intelligent Auto yang akan menambahkan fitur semacam face detection dan juga i-Contrast atau D-Lighting yang akan memudahkan Anda. Sementara ada juga Creative Auto yang bisa mengubah ruang lebih tajam. Jika kamera Anda memiliki mode ini seperti intelligent auto/creative auto, Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan hasil foto.

Sementara untuk mode scene sendiri akan memudahkan para pengguna untuk memilih tipe objek atau pemandangan yang akan diabadikan. Di mode ini biasanya kamera akan dibekali dengan setelan yang standard dan juga sudah cukup lazim digunakan.

Sedangkan untuk mode Program, kamera akan mengatur secara otomatis dengan menentukan besarnya setelan shutter speed dan juga aperture yang terdapat di dalam kamera. Namun Anda masih bisa mengatur shutter speed dan aperture tersebut.

Kamera ini akan menyeimbangkan shutter dan aperture dengan menyesuaian arah kamera. Anda bisa mengubah setelan dengan memutar roda kendali yang terdapat di kamera. Tentu saja kamera akan dipaksa untuk mengubah shutter dan aperture sesuai keinginan.

Lalu untuk mode shutter priority, Anda bisa mengatur secara manual untuk mendapatkan nilai shutter speed yang diinginkan. Dan kamera akan otomatis mengambil nilai aperture menurut jumlah cahaya yang masuk melalui lensa tersebut.


Setelah mengetahui beberapa mode tersebut tentu saja Anda bisa mencobanya untuk mengabadikan foto yang Anda inginkan.

Tinggalkan Komentar: