Tips Mengasah Kemampuan Fotografi

Mengasah Kemampuan Fotografi
Mengasah Kemampuan Fotografi

Mata yang jeli mengenal komposisi ternyata menjadi salah satu modal yang sangat penting untuk menjadi seorang fotografer handal. Dan Anda bisa melakukannya dengan cara mengasah kemampuan komposisi tersebut dengan melakukan berbagai hal yang baru hingga cukup handal.

Ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan. Berikut caranya

Memakai Satu Lensa
Panjang focal lensa ternyata memiliki dampak yang sangat signifikan. Dan cara yang cukup baik adalah dengan memaksakan diri Anda untuk menggunakan lensa tersebut dalam waktu yang cukup lama. Gunakan 1 lensa prime selama waktu yang panjang. Sehingga Anda bisa mengenal dan juga mengetahui kelebihan dan kekurangan dari lensa tersebut.


Belajar Membuat Foto Hitam Putih
Elemen warna merupakan elemen komposisi yang cukup indah. Namun seringkali justru akan terlalu mendominasi foto. Elemen lain yang bisa Anda manfaatkan seperti garis, pola bisa Anda apresiasi. Caranya dengan menggunakan foto hitam putih. Anda bisa memaksimalkan elemen tersebut.

Menggunakan Pola Berulang
Anda bisa menggunakan pola pengulangan seperti bentuk, garis dan warna serta objek yang bisa mengatur pola tersebut.

Mencari Garis
Di dalam foto, garis lurus yang terbentang dari satu sisi ke sisi lain akan memberikan jaminan keamanan. Sementara garis diagonal juga menyajikan kesan dinamis. Ketika membuat foto landscape, Anda biasanya sering menemukan hubungan yang serasi antara garis lurus dan juga lengkung sehingga memberikan kesan landscape yang lebih cantik.

Ruang Negatif
Untuk ruang negatif biasanya digunakan dan kerap dimanfaatkan oleh para fotografer handal guna memperkuat dan juga meningkatkan objek utama. Dengan memaksimalkan luas dan sepinya ruang negatif, tentu akan mengajak mata kita agar bisa lebih terfokus kepada objek utama. Dan hal ini tentu saja bisa memaksa obyek utama akan lebih menonjol meski ukurannya cukup kecil. Dengan memperkuat objek utama tersebut tentu saja sebuah foto akan jauh lebih mudah dicerna dan juga dinikmati dengan indah.


Tips tersebut bisa membuat Anda akan lebih mudah menguasai dan mengasah kemampuan guna menjadi fotografer handal.

Tinggalkan Komentar: