Tips Mensetting Kamera Dslr atau Mirrorless

Jika Anda baru saja membeli sebuah Kamera DSLR atau Mirrorless, memang lebih enak langsung digunakan. Akan tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mensetting kamera tersebut agar bisa memiliki hasil yang maksimal. Ada beberapa rekomendasi setting kamera DSLR/Mirrorless yang bisa memudahkan Anda.

Kamera DSLR
Kamera DSLR
Kartu Memori
Ketika Anda membuka kemasan dari kamera serta kartu memori, segera masukkan kartu memori ke dalam kamera. Format kartu memori ini bisa langsung bekerja maksimal sesuai dengan kamera yang Anda gunakan.

Menentukan ukuran serta kualitas gambar
Sebaiknya Anda mensetting secara maksimal kamera DSLR atau Mirrorless yang Anda miliki agar bisa menghasilkan foto yang memiliki kualitas cukup baik. Gunakan format JPEG yang mempunyai kualitas tertinggi atau Extra Fine dan juga Highest Quality. Pilih ukuran file Large.

ISO
Setelah itu pilih ISO yang terdapat di dalam kamera untuk menentukan kualitas gambar berdasarkan cahaya. ISO dengan kecepatan tinggi tentu saja sangat pas untuk memotret dalam keadaan cahaya yang remang akan tetapi hasilnya banyak noise. Sementara ISO rendah tentu saja bisa menghasilkan foto yang jernih. Dan cocok untuk pencahayaan terang.

White Balance
Setelan white balance kamera juga memiliki pengaruh yang sangat penting untuk kualitas foto. White balance sangat mempengaruhi warna kulit atau warna baju dan harus mendapatkan setting yang pas.

Metering
Setelan metering juga bisa digunakan untuk mengatur cahaya yang dipantulkan oleh objek dengan menghasilkan kombinasi shutter speed serta bukaan lensa sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan.

Fokus
Lensa yang terpasang di kamera bisa digunakan fokus secara otomatis atau bisa menggunakan fokus yang memaksimalkan sistem autofokus kamera dan juga manual dengan cara memutar cincin fokus yang terdapat di dalam lensa tersebut. Anda bisa memaksimalkan sistem autofokus atau AF kamera atau bisa juga menggunakan Single AF.

Drive Mode

Drive mode kamera bisa menentukan kamera DSLR guna mengambil eksposure. Mode Single Shot ini sangat pas untuk dimasukkan ke dalam kondisi pemotretan dan juga objek foto sehari-hari. Sementara mode lain adalah Continuous Mode yang sangat berguna untuk memotret objek yang bergerak.  

Tinggalkan Komentar: