Settingan Kamera Digital Sebelum Memotret

Tentu saja Anda pernah mengalami beberapa kejadian seperti ketika selesai dari acara memotret dan Anda lupa mengubah ISO. Sementara acara sendiri dilakukan di siang bolong. Atau menggunakan settingan white balance yang kurang pas dengan suasana pemotretan. Kesalahan mendasar tersebut harus membuat Anda bersusah payak mengoreksi fotohingga ratusan foto. Meski sudah ada banyak aplikasi, tentu saja akan sangat merepotkan.

Kamera Digital
Settingan Kamera Digital Sebelum Memotret

Ada beberapa cara mendasar yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami kejadian tersebut

Memeriksa White Balance
Sebelum Anda memulai memotret, disarankan untuk melihat settingan white balance yang sesuai dengan kondisi dan juga keadaan yang terjadi. Jika Anda percaya dengan kamera, set white balance pada posisi auto yang akan memudahkan Anda untuk memotret.

Menghidupkan Highlight Warning
Tips ini sangat amput untuk menghindari foto overexposure. Highlight warning merupakan penanda yanga kan tampil di layar kamera ketika ada bagian foto yang terbakar atau overexposed. Anda juga bisa melihat histogram di LCD kamera untuk menghindari hal tersebut.

Memeriksa Setting ISO
Settingan ISO tentu saja menunjukkan mengenai seberapa peka sensor kamera terhadap kamera. Semakin tinggi angka, maka semakin peka kamera. Anda harus menyesuaikan ISO dengan kondisi tempat.

Memeriksa Ukuran dan Format Foto
Jika Anda memotret dan mengabadikan beberapa foto sekaligus hingga ratusan, seperti ketika Anda sedang mengabadikan momen di kebun binatang, tentu saja Anda membutuhkan settingan atau pengaturan ukuran foto yang berbeda jika Anda foto di area indoor atau di studio foto. Ditambah lagi jika kartu memori yang Anda gunakan mempunyai kapasitas yang berbeda. Format foto juga harus Anda pilih. Apakah akan memilih JPG atau RAW yang bisa menjadi pertimbangan sebelum foto dimulai.

Memeriksa pengaturan Mode Exposure Kamera

Di dalam kamera SLR atau pocket ada berbagai macam pilihan yang bisa digunakan untuk mode eksposur. Anda bisa memilih antara Manual – Aperture Priority – Shutter Priority hingga Mode Program yang memberikan preset bawaan dari kamera digital. Dan Anda harus mengetahui mode mana yang nantinya akan Anda gunakan.

Tinggalkan Komentar: