Menggunakan Mode Fokus di Kamera Canon


Di setiap kamera DSLR Canon biasanya terdapat 4 fokus yang terdiri dari 3 mode autofokus serta 1 mode manual. Dan masing-masing mode tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut fungsi yang bisa Anda ketahui

Mode One Shot AF
Mode ini biasanya kerap dipakai dan juga menjadi salah satu mode standar yang biasa digunakan di dalam kamera Canon. Untuk penggunaan mode One Shot AF ini biasanya dipakai dengan cara menekan separuh tombol shutter yang akan membuat kamera akan langsung mencari fokus dan menguncinya. Mode One Shot ini biasanya digunakan untuk memotret obyek foto diam. Ketika fokus sudah terkunci, biasanya akan terdengar bunyi untuk memastikan bahwa objek akan terkunci.

Mode AI Servo AF
Mode ini ditampilan guna memotret obyek yang bergerak. Sistem fokus AI Servo ini biasanya digunakan untuk melacak gerakan obyek foto dan juga mengantisipasi gerakan sahingga gambar yang dihasilkan akan tetap sempurna dan juga bisa menghasilkan gambar yang tajam. Sementara titik fokus tersebut akan memprediksi posisi obyek yang bisa Anda ketahui.

Mode AI Focus AF
Mode ini dibuat oleh Canon yang menjadi kompromi antara One Shot dan juga AI Servo. Untuk mode AI Focus, kamera ini tentu saja bisa digunakan untuk mengabadikan obyek yang difoto baik diam dan juga bergerak. Ketika mendeteksi obyek diam, mode ini akan berlaku untuk sistem One Shot AF. Sementara kamera akan mendeteksi benda bergerak dengan adanya sistem autoofokus dan akan berubah menjadi AI Servo guna melacak gerakan obyek. Biasanya hal ini dilakukan di pesta-pesta.

Mode Manual Fokus
Mode ini biasanya digunakan untuk para fotografer yang lebih percaya dengan tangan mereka. Biasanya akan memutar focusing ring yang terdapat di lensa dan akan memadukannya dengan pemgamatan mata. Bisa juga dengan menggunakan konfirmasi fokus dengan cara memutar cincin fokus ketika menekan setengah tombol fokus. Dan sudah tersedia titik fokus yang akan menyala merah atau hijau ketika fokus tercapai.


Tinggalkan Komentar: