Kesalahan Yang Kerap Terjadi Kala Memotret



Ketika Anda mengkomposisi foto, tentu saja Anda harus memperhatikan dan juga melihat keadaan sebelum menekan shutter. Jangan meremehkan beberapa elemen sederhana yang bisa merusak foto. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Hindari benda yang tidak enak dipandang
Sebelum Anda memencet tombol shutter, pastikan bahwa beberapa benda pengganggu tidak akan muncul dan juga tidak terlihat ke dalam frame foto. Contohnya dengan adanya sampah yang menumpuk dan akan membuat foto akan terlihat lebih jelek. Bisa juga dengan orang yang berjalan di latar belakang foto atau adanya bekas cabe di gigi. Memang hal ini bisa dihilangkan dengan menggunakan photoshop atau lightroom, akan tetapi akan lebih mudah untuk menghindari semenjak mengambil foto. Sampah yang biasanya terekam di foto akan membuat tampilan lebih buruk.

Perhatikan kabel dan garis
Garis merupakan salah satu elemen komposisi yang sangat kuat dan juga bisa menarik perhatian mata ketika melihat foto. Oleh sebab itu dengan adanya garis liar yang terdapat di foto tentu saja akan memberikan kesan cukup buruk. Perhatikan unsur garis dan juga kabel yang biasanya ada disekitar kita sebelum mengabadikan foto. Sebelumnya perhatikan dengan baik.

Garis cakrawala miring
Jika Anda secara sengaja ingin membuat tampilan garis cakrawala yang miring guna keperluat artistik, disarankan untuk tetap membuat garis cakrwala terlihat lurus. Garis cakrawala yang miring akan membuat foto akan terasa aneh dan merasa ada yang yang salah didalamnya.

Hati-hati dengan bagian tubuh

Ketika memotret, perlihatkan di bagian pinggir dari frame foto agar tidak ada bagian tubuh yan masuk ke dalam frame tersebut. Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk memotong bagian tubuh tersebut. Dan lakukan dengan hati-hati. Hindari untuk melakukan cropping atau pemotongan di salah satu bagian tubuh sehingga bisa memberikan tampilan foto lebih indah. Sebagai contoh jangan memotong lengan dibagian siku hingga ke area telapak tangan. Sehingga hasilnya akan tetap enak untuk dilihat dan dinikmati sesuai dengan keinginan. 

Tinggalkan Komentar: